SEPAKBOLA INDONESIA MENUJU PIALA DUNIA

sepakbola indonesia menuju ke Piala Dunia
Melihat judul diatas, “ Sepakbola Indonesia Menuju ke Piala Dunia”, kira-kira masih mungkin tidak ya, Timnas kita bisa menuju ke Piala Dunia suatu saat nanti. Jika kita melihat perbandingan keadaan persepakbolaan sekarang maka mungkin kita semua sependapat bahwa kemungkinan Tim Nasional Sepakbola Indonesia sangat mustahil bias tampil di Kejuaraan bergengsi seperti Piala Dunia.Walaupun harapan itu harus tetap ada.

Bagaimana bisa kita bermimpi ke Piala Dunia, jika untuk level Asia saja kita sudah ketinggalan sangat jauh, bahkan untuk level Asia Tenggara kita juga sudah ketinggalan dengan Thailand, Vietnam, Filipina, Malaysia bahkan singapura yang berpenduduk tidak lebih dari 6 juta jiwa. Bayangkan dengan kita Indonesia yang merupakan salah satu Negara dengan pendudukterbesar di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat. Penduduk Indonesia berkisar antara 250 juta jiwa, namun betapa susahnya kita untuk mendapatkan 11 orang pemain professional untuk tim nasional sepakbola Indonesia.

Apakah ada hubungannya antara jumlah penduduk suatu Negara dengan prestasi sepakbolanya?. Sepertinya, tidak ada hubungan antara banyaknya jumlah penduduk dengan prestasi sepakbolanya. Republik Rakyat China dengan Penduduk 1,3 Milyar dan India dengan penduduk 1,2 Milyar. Dengan penduduk sebanyak itu, kedua Negara tersebut belum juga mempunyai tim sepakbola yang bisa diandalkan.

Lantas, kalau bukan masalah jumlah penduduk, apa yang menjadi akar permasalahan dalam menciptakan tim sepakbola yang handal?. Untuk menciptakan timnas sepakbola yang bisa diandalkan untuk menuju ke Piala Dunia butuh waktu yang sangat lama. Tim sepak bola Jepang yang sekarang telah menjelma menjadi tim tangguh di Asia, bahkan butuh waktu hingga kurang lebih 50 tahun. Bagaimana dengan tim nasional sepakbola Indonesia?. Rasanya dengan kondisi persepakbolaan dalam negeri yang terjadi sekarang, sepertinya kita butuh waktu yang lebih lama dari Negeri Jepang.

Bagaimana Cara Sepakbola Indonesia ke Piala Dunia

1.  Untuk menciptakan timnas sepakbola Indonesia yang tangguh, tentunya dibutuhkan kerjasama pemerintah dan PSSI serta para pemangku kepentingan dalam sepakbola untuk serius membuat kompetisi untuk usia dini.
2.    Kelompok pemain usia dini yang ditempa dengan baik, kompetisi yang baik, Pelatih yang berkualitas akan menghasilkan Tim Senior yang berkulitas juga.

3.           Dibutuhkan kesabaran, keseriusan serta kerjakeras dalam membina para pemain-pemain muda. Kompetisi harus dibuat secara professional dan berjenjang. Semoga dengan hal tersebut bisa menciptakan tim nasional sepakbola Indonesia baik u-16, u-19, u-21, u-23 bahkan senior yang tangguh dimasa yang akan datang. Semoga jaya sepakbola Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar